Monitor dengan spesifikasi dan desain yang baik adalah salah satu periferal terpenting bagi para gamer. Monitor game dimaksudkan agar cepat, responsif, dan memberikan gambar paling jelas kepada para gamer sehingga mereka dapat bereaksi terhadap dunia di sekitar mereka. Hari ini saya akan mengulas monitor gaming ASUS TUF VG30VQL1A. Saya akan membahas pengaturannya, desainnya, kinerjanya, dan tentu saja membagikan pemikiran terakhir saya.

Spesifikasi ASUS TUF VG30VQL1A:

  • 29,5 inci
  • Panel VA melengkung 1500R
  • 2560×1080 piksel
  • Freesync premium
  • 127% SRGB
  • HDR-10
  • Penyegaran 200Hz dan respons 1ms
  • Buram Gerakan Rendah Ekstrim (ELMB)

Membuka kotak dan mengatur ASUS TUF VG30QL1A 

Proses unboxing dan pengaturan ASUS TUF VG30QL1A sangat mudah. Di dalam kotak Anda akan menemukan monitor, alas, catu daya, 1x kabel HDMI, dan 1x kabel port tampilan.

Setelah melepas kemasannya, pengaturan monitor ternyata sangat sederhana. Di unit pengujian saya, lengan monitor sudah terpasang di bagian belakang monitor, yang perlu saya lakukan hanyalah menghubungkan alasnya. Apa yang sangat saya hargai dalam desain ASUS adalah bahwa perakitan tidak memerlukan alat tambahan apa pun. Dudukan dihubungkan ke lengan monitor menggunakan 2x sekrup ibu jari yang telah dipasang sebelumnya. Setelah Anda mengencangkan kedua sekrup, alas terpasang dengan aman.

Secara keseluruhan proses penyiapannya cepat dan sederhana, Anda dapat memiliki monitor di meja Anda dan siap digunakan dalam waktu kurang dari 5 menit, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di samsung mengungkapkan odyssey qled gaming monitor.

ASUS TUF VG30VQL1A monitor ergonomis dan penyesuaian

Sesuatu yang sering diabaikan adalah kualitas dan desain dudukan monitor. Untuk ASUS TUF VG30VQL1A, monitor ini memiliki dudukan yang dirancang dengan baik dengan banyak penyesuaian. Penyesuaian halus sederhana dan dudukan memungkinkan Anda menyesuaikan ketinggian, kemiringan, dan perputaran monitor. Dudukan juga memungkinkan Anda memutar monitor 90 derajat dari mode lanskap ke potret.

Konektivitas berlimpah di ASUS TUF VG30VQL1A

Konektivitas berlimpah di ASUS TUF VG30VQL1A. Untuk input video terdapat 2x port HDMI 2.0 dan 1x Display port. Ada juga 2x port USB-A 3.0 bagi pengguna untuk menyambungkan periferal. Mengingat bahwa USB-C menjadi standar baru untuk banyak perangkat, akan menyenangkan melihat ASUS menyertakan port thunderbolt untuk audio/video atau setidaknya port USB-C biasa untuk menghubungkan periferal.

Monitor yang dirancang untuk para gamer

ASUS TUF VG30QL1A menggunakan panel VA berukuran 30 inci dengan resolusi 2560 x 1080. Keputusan ASUS untuk menggunakan panel VA mencerminkan target demografis para gamer. Panel VA memberikan kecepatan refresh yang lebih cepat, kecerahan lebih tinggi, dan sudut pandang yang lebih baik. Gamer yang membutuhkan monitor cepat pasti akan menyukai kecepatan refresh 200Hz ASUS dan waktu respons 1ms.

ASUS TUF VG30VQL1A juga hadir dengan Freesync premium yang memastikan bahwa monitor akan sesuai dengan frame per second (FPS) yang dihasilkan oleh kartu grafis Anda. Selain itu, monitor juga dilengkapi dengan Extreme Low Motion Blur (ELMB) yang dimaksudkan untuk menghilangkan ghosting gambar di layar. Dengan fitur-fitur ini, gamer harus merasakan gambar yang hampir sempurna saat memainkan game apa pun.

ASUS TUF VG30VQL1A juga memiliki kurva 1500R. Mengingat seberapa lebar monitornya, saya suka keputusan untuk membuat layarnya melengkung. Kurva menambahkan lebih banyak perendaman ke game Anda, memberi Anda visibilitas yang mudah ke sudut monitor Anda tanpa harus memutar kepala.

Performa game dan media ASUS TUF VG30VQL1A

Dalam pengujian saya dengan ASUS TUF VG30VQL1A saya memainkan beberapa game favorit saya termasuk Call of Duty dan Tomb Raider. Monitor ini kompatibel dengan HDR-10 dan terlihat luar biasa saat bermain game dan menonton film, warnanya mencolok, kontrasnya memberikan warna hitam pekat di area gelap, dan gambarnya tajam.

Kecepatan refresh yang tinggi dari monitor dan ELMB benar-benar terlihat saat memainkan kedua game tersebut. Saya dapat melihat dengan jelas apa yang terjadi selama rangkaian aksi cepat dan ELMB memastikan bahwa saya tidak terganggu oleh ghosting.

Apa yang benar-benar saya sukai dari ASUS TUF VG30VQL1A adalah panel melengkung yang sangat lebar. Memiliki panel ultra lebar memberi Anda bidang pandang yang lebih luas memungkinkan Anda melihat lebih banyak permainan di periferal Anda. Ketika Anda menambahkan sifat layar yang melengkung, ini sangat meningkatkan pencelupan Anda, kesadaran spasial, dan memungkinkan Anda untuk bereaksi lebih cepat terhadap lingkungan.

Menonton film sama menyenangkannya di monitor ini. Pada monitor tradisional dengan rasio aspek 4:3 atau 16:9, saat menonton film, Anda akan melihat bilah hitam di bagian atas dan bawah layar. Namun, dengan ASUS TUF VG30VQL1A rasio aspek 21:9 berarti saat menonton film, gambar memenuhi seluruh layar.

Speaker bawaan rata-rata

Saya terkejut melihat ASUS TUF VG30VQL1A juga hadir dengan speaker bawaan. Speaker ini rata-rata memiliki suara yang agak hampa dan kurang bass. Jika komputer Anda tidak memiliki speaker maka speaker ASUS VG1A dapat digunakan dalam keadaan darurat.

Saat membandingkan kualitas speaker ASUS TUF VG30VQL1A dengan MacBook Air 2019 saya, speaker MacBook lebih unggul. Speaker MacBook menghasilkan suara yang lebih jernih, audio yang lebih kaya, dan bass yang lebih kuat.

Secara keseluruhan, speaker bawaan ASUS TUF VG30VQL1A akan memadai untuk penggunaan umum. Gamer hardcore dan penggemar film ingin menggunakan headphone khusus atau speaker eksternal untuk menikmati konten mereka dengan lebih baik, jika Anda ingin membeli monitor gaming dengan harga terjangkau di Buy Gaming Monitor Singapore.

ASUS TUF VG30VQL1A dan produktivitas

ASUS TUF VG30VQL1A memiliki performa yang sama baiknya dalam hal produktivitas sehari-hari. Sebagai seseorang yang mengerjakan banyak spreadsheet, panggilan video, dan membuat PowerPoint sepanjang hari, saya tidak bisa mengatakan cukup banyak hal baik tentang monitor ini. Sudut pandang lebar, layar melengkung, dan dudukan yang dapat disesuaikan memudahkan saya beralih antar aplikasi, dan multitasking dengan nyaman. Menurut saya, mode potret sangat membantu saat mengerjakan desain vertikal atau membaca dokumen panjang.

Secara keseluruhan, ASUS TUF VG30VQL1A menghadirkan banyak kenyamanan dan fitur yang diinginkan oleh para profesional produktivitas dalam alur kerja mereka sehari-hari.

Kontrol yang mudah digunakan

Menggunakan kontrol ASUS VG1A sederhana dan mudah digunakan. Di sisi kanan belakang monitor Anda akan menemukan tombol 4x dan joystick navigasi. Meskipun ini adalah tata letak standar, ASUS membuat dua keputusan desain utama yang menjadikan gaya navigasi ini lebih ramah pengguna. Perubahan pertama adalah tombolnya jauh lebih besar daripada tombol monitor komputer lainnya. Kedua, ASUS mengatur tombol-tombol yang meningkatkan rasa taktil dan mencegah penekanan yang tidak disengaja.

Selain pilihan monitor komputer standar, ASUS TUF VG30VQL1A menawarkan beberapa fitur yang berpusat pada gamer. Misalnya menu pintasan memungkinkan pengguna untuk memilih preset khusus game termasuk balapan, strategi waktu nyata, dan penembak orang pertama. Fitur lain yang ditawarkan adalah kemampuan untuk mengaktifkan penghitung frame per detik dan kemampuan untuk memiliki garis bidik di layar untuk game penembak orang pertama.

Secara keseluruhan, menurut saya kontrol pada ASUS TUF VG30VQL1A mudah digunakan, dinavigasi, dan menawarkan fitur yang berguna untuk para gamer.

Pikiran terakhir tentang ASUS TUF VG30VQL1A

ASUS TUF VG30VQL1A  adalah monitor yang bagus untuk bermain game, media, dan produktivitas. Saya menyukai fleksibilitas dudukan monitor, kurva 1500R, kecepatan refresh 200Hz yang cepat, dan waktu respons 1 ms. Fitur-fitur ini menambah monitor fantastis yang akan memuaskan para gamer paling hardcore sekalipun. Satu-satunya kelemahan yang dapat saya temukan dengan ASUS TUF VG30VQL1A adalah speakernya yang biasa-biasa saja. Ini adalah keluhan kecil pada monitor yang kaya fitur dan berkualitas.

Jika Anda ingin membeli monitor gaming dan perlengkapannya Anda dapat membelinya di Buy Gaming Monitors.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *