Terkadang saat bepergian kita lupa bahwa kita adalah pengunjung di negara asing dan kitalah yang harus menyesuaikan diri dengan perbedaan di sekitar kita. Bepergian di negara asing adalah pengalaman belajar – itu sebabnya kita bepergian, bukan?

Ingat, bersikap sopan dalam situasi apa pun akan membawa Anda jauh. Tidak mengetahui beberapa etiket dasar Prancis berarti Anda mungkin tidak dianggap sopan! Tips berikut ini akan membantu Anda menghindari culture shock yang bisa terjadi saat traveling.

Dasar

  • Saat Anda menyapa orang, ucapkan ‘Bonjour, madame/mademoiselle’ atau ‘Bonjour monsieur’. Premis dasar etiket Prancis ini ditanamkan pada anak-anak Prancis sejak hari pertama. Anda harus menambahkan madame, mademoiselle, atau monsieur setelah semua salam.
  • Saat memasuki toko, pastikan untuk menyapa penjaga toko! Tidak melakukannya dianggap tidak sopan. Jangan lupa ucapkan ‘au revoir’ saat Anda pergi.
  • Saat membayar di konter akan ada piring kecil atau alas karet untuk menaruh uang Anda. Jangan letakkan uang tunai Anda di tangan kasir. Ini untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam apa yang diberikan atau diterima.
  • Jika meminta saran perjalanan seperti petunjuk arah, dll, sebaiknya awali permintaan Anda dengan ‘maaf’ (permisi) dan akhiri dengan ‘s’il vous plat’ (tolong). Saat respon diberikan jangan lupa untuk mengatakan ‘merci’! (terima kasih!).
  • Pertahankan suara Anda rendah baik di tempat umum, toko, gereja atau restoran. Orang Amerika dikenal keras!

Etiket Makanan/Restoran juga bervariasi di Prancis dari AS.

  • Jika menu restoran dalam bahasa Inggris atau jika Anda bisa mendapatkan menu bahasa Inggris, kemungkinan besar Anda akan membayar lebih karena melayani turis.
  • Untuk menghindari air kemasan yang mahal dengan makanan Anda, mintalah ‘une carafe d’eau, s’il vous plat’ (tolong satu botol air). Jika Anda menginginkan air kemasan, pastikan untuk menentukan ‘san gaz’ jika Anda menginginkan air tenang, bukan berkarbonasi.
  • Jika memesan steak, Anda akan ditanya bagaimana Anda ingin memasaknya: ‘saignant’ (hanya disegel di setiap sisi dan karenanya sangat jarang), ‘point’ (merah muda di dalam) atau ‘bien cuit’ (dimasak dengan baik, tidak berwarna merah muda) . Tentu saja, saya ingin melihat kosa kata Anda meningkat tetapi tip perjalanan terbaik saya adalah mengingat kata spesifik untuk cara ANDA menyukai steak Anda sejak awal!
  • Roti dimakan dengan cara digigit kecil-kecil dengan jari, bukan digigit utuh. Menahan diri dari menggigit roti sebelum makan dimulai.
  • Tidak ada piring samping untuk roti. Jangan khawatir! Server akan menyikat taplak meja sebelum kursus berikutnya.
  • Jaga agar tangan Anda terlihat di atas meja tetapi jangan letakkan siku Anda di atas meja. Sepotong etiket Prancis ini berasal dari sejarah ketika orang membiarkan kedua tangan terlihat di atas meja sehingga semua orang tahu apa yang mereka lakukan!
  • Jika Anda adalah tamu di rumah seseorang, biasanya membawa sekotak coklat untuk nyonya rumah atau bunga. Jangan membawa bunga krisan karena diasosiasikan dengan pemakaman! Jangan bawa sebotol anggur! Implikasinya adalah Anda tidak akan senang dengan anggur pilihan tuan rumah Anda atau Anda merasa mereka tidak mampu memilih anggur yang tepat untuk hidangan tersebut.
  • Etiket tip mengharuskan Anda meletakkan tip di atas meja, jika Anda meninggalkannya. Jangan serahkan ke server. Memberi tip etiket – memberi tip atau tidak memberi tip. Di Prancis, tipnya disesuaikan dengan harga makanan Anda. Namun, jika server sangat membantu (mungkin dia memberi Anda petunjuk arah ke museum yang Anda coba temukan) maka Anda mungkin ingin meninggalkan sedikit perubahan ekstra di atas meja untuknya.
  • Sangat menyenangkan untuk duduk di alun-alun dan menikmati minuman atau makanan sebagai bagian dari perjalanan Prancis Anda. Namun, ketahuilah bahwa ini mungkin sedikit lebih mahal daripada di tempat usaha di pinggir jalan jauh dari alun-alun.
  • Pengalaman adalah bagian dari perjalanan! Bangun anggaran Anda untuk mengakomodasi sedikit tambahan untuk makan karena Anda ingin duduk dan menikmati makan siang dua jam seperti yang dilakukan orang Prancis !! Dengan semua detail kecil Anda tetap menginginkan saran perjalanan terbaik Anda untuk “menikmati perjalanan”.

Saya harap ini akan membantu mempersiapkan Anda untuk perbedaan antara negara Anda dan Prancis sehingga perjalanan Anda ke Prancis menyenangkan dan Anda ingin kembali dari waktu ke waktu. Selamat berlibur!

Jika Anda ingin mencari informasi tentang tempat-tempat wisata dan liburan yang menyenangkan Anda dapat mengetahuinya di https://www.indoholidaytourguide.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *