Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS Asia Rankings 2022

Para calon mahasiswa kini tengah mencari dan ikuti beragam tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Mereka pilih lebih dari satu kampus incaran yang terbaik. Penilaian terbai selanjutnya kebanyakan dapat dipantau melalui beragam survei oleh instansi pemeringkatan universitas.

Seperti survei yang dilaksanakan oleh Lembaga pemeringkatan kampus dunia, Quacquarelli Symonds (QS) yang bertajuk QS Asia University Rankings 2022. Sebanyak 34 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Indonesia sukses masuk didalam pemeringkatan.

QS Asia University Rankings 2022 laksanakan pemeringkatan 687 kampus top Asia. Indikator pemeringkatan dinilai berdasarkan lebih dari satu indikator utama terhitung reputasi akademik, kesempatan kerja, dan takaran siswa internasional Perpustakaan Telkom .

1. Binus University

Universitas BINUS I Vincent Kie/Shutterstock
Pada peringkat pertama Bina Nusantara University atau lebih dikenal bersama dengan nama BINUS menjadi PTS paling baik di indonesia dan sekaligus mendapat peringkat 200 di dunia. BINUS meraih peringkat bintang lima maksimum untuk kategori inklusivitas, pengajaran, kekuatan kerja, dan tanggung jawab sosial.

BINUS menawarkan program belajar berstandar internasional baik pada tingkat sarjana maupun pasca sarjana. PTS asal Jakarta ini menjadikan Ilmu Komputer sebagai program yang paling diunggulkan.

2. Telkom University Bandung

Universitas Telkom Bandung I Eko Fikry Febriandi/Shutterstock
Telkom University atau terhitung disebut bersama dengan Tel-U menjadi peringkat 2 paling baik di Indonesia dan peringkat 401-450 secara global. Berdiri di bawah sayap perusahaan Telkom Indonesia, Tel-U mempunyai 4 instansi gabungan, yakni Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Telkom Indonesia (STISI Telkom).

Kampus utama Telkom University terletak di Jl. Telekomunikasi, Buahbatu, Kabupaten Bandung.

3. Universitas Atma Jaya Jakarta

Universitas Atmajaya Jakarta/atmajaya.ac.id
Peringkat setelah itu diraih oleh Universitas Atma Jaya Jakarta pada peringkat 3 nasional dan peringkat 451-500 global. Yayasan pendidikan ini didirikan oleh sekelompok intelektual muda katolik pada 1 Juni 1960 bersama dengan nama Universitas Katolik Atma Jaya (Unika Atma Jaya).

Lalu gagasan selanjutnya disetujui para suster Ursulin yang bersedia meminjamkan ruang kelas kampus mereka di kompleks sekolah Ursulin, Jl. Lapangan Banteng Utara kompleks Santa Theresia di Menteng pada th. 1967. Seiring berjalannya waktu, Universitas Atma Jaya tempati bangunan permanen di Jl. Sudirman yang dikenal sebagai Kampus Semanggi.

4. Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta

Universitas Islam Indonesia I Eja Thamrin/Shutterstock
Salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia, Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta masuk peringkat 4 nasional dan peringkat 451-500 global. Berdasarkan sejarahnya, UII dibentuk pada satu bulan sebelum saat kemerdekaan pada th. 1945. Sebagai pelopor pendidikan tinggi di tanah air, UII berakar kuat pada normalitas kebebasan akademik, di mana keragaman pemikiran terlalu dihormati peranan mencetak siswa yang inovatif.

Terletak di pinggiran utara kota Yogyakarta, UII mempunyai kampus utama yang menghadap pada keindahan gunung Merapi yang fantastis dan sempurna untuk belajar.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta/umy.ac.id
PTS yang didirikan sejak th. 1981 ini sukses masuk peringkat 5 paling baik nasional dan peringkat 451-500 di dunia. Sebagai kampus islam modern, UMY mempunyai visi dan misi untuk mengarahkan mahasiswanya menguasai pengetahuan pengetahuan dan teknologi terkini terhitung diiringi bersama dengan cii-ciri yang berkembang secara kultural dan religius cocok bersama dengan nilai-nilai islam.

Tidak hanya itu, UMY terhitung menawarkan program pertukaran pelajar, magang, kursus musim panas, kursus singkat, hingga program gelar ganda yang bermitra bersama dengan kampus lain.

6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta/uajy.ac.id
Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merupakan PTS yang didirikan oleh pemeluk katolik dan dikelola oleh organisasi Slamet Rijadi. UAJY masuk didalam peringkat 6 paling baik di Indonesia, dan peringkat 601-605 di dunia. Pada th. 2019, UAJY mendapat posisi 5 kampus swasta top di Indonesia.

UAJY mempunyai 6 fakultas bersama dengan 12 program belajar sarjana, dan 7 program magister, terhitung 4 program belajar sarjana internasional. Seluruh program belajar pascasarjana sudah terakreditasi A oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Lingkungan yang relatif aman dan damai, UAJY dapat menjadi pilihan pada lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *