Berita adalah artikel yang peka terhadap waktu dan memberi tahu pembaca apa yang telah terjadi di dunia sekitar mereka yang mungkin penting bagi mereka.

Meskipun ada banyak kategori berita, dua bentuk utama yang Anda temukan di outlet berita adalah – berita berdasarkan peristiwa tentang sesuatu yang telah terjadi atau cerita kutipan berdasarkan sesuatu yang dikatakan dan siapa yang mengatakannya.

Ketika belajar menulis seperti seorang jurnalis, seorang penulis berita akan dilatih untuk memperlakukan masing-masing kategori ini secara berbeda sambil tetap berpegang pada dasar-dasar prinsip penulisan melawan berita palsu.

Acara

Jenis artikel ini dapat dibagi lagi menjadi artikel “buku harian” atau berita “flash” yang tidak terduga. Cerita diary adalah yang diharapkan. Wartawan akan memiliki jadwal acara yang bisa berupa konferensi pers, peluncuran produk, acara olahraga atau fungsi lain yang diketahui sebelumnya.

Flash news adalah sesuatu yang tidak terjadwal. Ini bisa berupa kecelakaan lalu lintas, pengunduran diri mendadak seorang politisi terkemuka, tragedi, dan peristiwa lain yang tidak akan diperhitungkan oleh meja berita.

Meskipun adil mengatakan berita kilat tidak terjadwal, itu tidak benar-benar tidak terduga. Surat kabar, stasiun televisi, atau portal berita online mana pun akan selalu memiliki staf yang siap siaga untuk menghadapi kejadian mendadak. Jika berita kilat adalah cerita yang sangat besar, itu bisa membuang acara terjadwal dari halaman depan.

Kutipan

Cerita kutipan hanya didasarkan pada apa yang dikatakan pembuat berita. Semakin penting orangnya, semakin besar pengaruh cerita dan semakin banyak permainan yang didapat. Artikel-artikel tersebut akan membahas lebih sedikit tentang apa yang telah terjadi daripada apa yang dikatakan orang tersebut.

Ini adalah kesempatan untuk memasukkan emosi manusia ke dalam cerita dengan memunculkan perasaan dan pendapat daripada deskripsi tentang apa yang terjadi.

Cukup sering, cerita kutipan terkait erat dengan suatu peristiwa. Jika seorang reporter ditugaskan untuk meliput kebakaran yang terjadi di pusat kota, editor mungkin akan menyuruhnya untuk mencari kutipan cerita.

Dalam hal ini, penulis akan menghasilkan dua artikel. Salah satunya akan menjadi artikel Berita Pekanbaru langsung di atas api; bagaimana itu terjadi, jumlah korban, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memadamkannya, beberapa kutipan dari petugas pemadam kebakaran.

Artikel lain mungkin bisa menjadi wawancara dengan salah satu korban dan sebagian besar akan terdiri dari kutipan yang membangkitkan perasaan putus asa, sedih, gembira dan emosi lainnya. Penulis akan mencoba untuk menghindari terlalu banyak detail tentang kebakaran dalam artikel ini karena akan cukup tercakup dalam artikel berita utama.

Prinsip -prinsip penulisan berita yang akan diterapkan oleh jurnalis untuk semua jenis artikel didasarkan pada landasan uji coba yang dapat dipelajari oleh siapa saja. Bukan hanya jurnalis yang bisa menulis berita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *